Friday, July 11, 2014

Cara Memperpanjang Umur Baterai Li-ion

TIPS AND TRIK MERAWAT BATERAI : 
Li-ION (Lithium Ion)
            Okeey hufft. Brosis. Tulisan ini Gue buat krna banyak yg nanya ttg baterai ini memang begitulah....harus gini....harus gitu....biar jelas, kali ini gue jelaskan secara gamblang, ini merupakan info penting saudara-saudara!! Agar anda tahu konsep perawatannya.  

            Did You know? Li-ion merupakan jenis baterai yang populer dan dipakai pada elektronik konsumen (Battery-Powered Consumer Gadget). Seperti : Gadget Laptop, Smartphone, industri militer, dan Kendaraan Listrik. Baterai Li-ion ini mempunyaI LIFE CYCLE. Paling Rentan rusak jika sering DI DROPS TO ZERO% dan FORCED TO VERY HEAVY WORK yang berakibat overheating >50 Celcius.

Frequently Asked Questions (FAQ) tentang baterai Li-ion :
1.     Apakah Baterai jenis Li-ion itu ?
=merupakan baterai jenis Lithium-ion.ini hampir semua elektronik portabel menggunakan jenis Li-ion. Selain karena mampu menyimpan daya lebih besar, baterai Lithium-ion juga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan baterai NiCd model jadul. yang sangat beracun.

2.     Berapa Lama Pemakaian dalam 1x full charge ?
=Bergantung kepada seberapa besar Battery Usage. Seperti tingkat kecerahan layar maksimal, aplikasi yang berat berjalan di minimized dan dlm standby, dan pemakaian internet 3G/4G. “Semakin boros penggunaan aplikasi semakin boros baterai”. Kapasitas baterai juga menentukan pemakaian. || contoh 3000mAh pada Xperia Z1 hanya bertahan 11 jam dengan full 3G, sesekali bermain 3D 30menit, kecerahan low, notifkasi on hanya 5 apps socmed saja, selain itu gue matikan auto refresh interval serta notifikasinya :-)

3.     Dirham, katanya baterai Laptop atau smartphone tidak boleh di-charge overnight atau semalaman,  MENGAPA ?
=YANG BILANG SALAH KAPRAH. Era Modern ini baterai Li-ion Bersama adaptor chargernya sudah auto cut-off yang menerapkan arus AC-DC dan Proteksi thdp tegangan tidak stabil. Apabila 100% fully charged otomatis aliran listrik ke baterai terputus, dan langsung ke motherboard ,di sini baterai berfungsi sebagai pelindung Motherboard jika terjadi tegangan rendah dan tinggi (below & over voltage) seperti : charging pada GENSET DIESEL, dan Socket listrik di Mobil. Sekali lagi, ini tidak merusak baterai walaupun di biarkan Fully Charged. Baterai otomatis menjadi cadangan listrik selama plugged in, fully charged. Sama halnya dengan Smartphone masa kini 2006 ke atas.

4.     Dirham, Berapa banyak LIFE CYCLE pada baterai Li-Ion?
=LIFE CYCLE merupakan banyak“nyawa” (charge) dalam sekali habis dibawah 20%. Apabila kita men-charge di atas 50% kita malah menambah LIFE CYCLE. “Baterai Li-ion semakin awet jika sering di charge dalam keadaan 50% - 75% hingga fully charged”. Dan usahakan tidak dipakai saat charging process.

Baterai itu Li-ion dirancang untuk bertahan antara 250-800 charge (konvensional Li-ion) 1000-2000 charge (super Li-ion), 
hukumnya pasti.....bahwa kemampuan baterai untuk menyuplai daya ke laptop akan berkurang. Dengan kata lain ketahanan baterai tersebut hanya berkisar antara 1-3,5 tahun. Namun brosis dapat memperlambat penurunan daya tahan baterai tersebut dengan beberapa cara, yaitu melihat dari suhu baterai, frekuensi pemakaian, dan perawatan yang di lakukan.

5.     Dirham, Bagaimana bisa orang SALAH KAPRAH tentang charge-habis-charge  ?
=SALAH KAPRAH adalah MIND SET anggapan (salah) bahwa baterai harus digunakan sampai benar-benar (mau) habis sebelum boleh di-charge lagi. Ingat! lagi ini berlaku untuk NiCd, dimana pada baterai jenis ini terdapat fenomena “memory effect”, yaitu baterai ini seolah-olah bisa “mengingat” banyaknya daya yang terisi pada saat proses charging terakhir. 
Sehingga misalnya baterai NiCd kapasitanya masih 65% dan kemudian di-charge sampai penuh (yang berarti mengisi baterai sebanyak 35%), maka baterai ini akan menganggap seolah-olah kapasitasnya tinggal 35%. Namun sekali lagi, ini tidak berlaku untuk baterai jenis Lithium-ion.
Baterai jenis Li-ion tidak mengenal fenomena “memory effect” seperti halnya baterai NiCd. 
Bahkan hasil penelitian menunjukkan bahwa baterai yang terbiasa di-charge ketika kapasitasnya masih 70% – 75% umurnya 5 – 6 kali lebih lama dibanding baterai yang sering di-charge ketika kapasitasnya hampir habis. Sekali lagi, LIFE CYCLE semakin banya.

6.     Dirham, Apakah Benar baterai dilepas saat menggunakan laptop dalam kondisi memungkinkan, membuat baterai awet dan laptop awet ?
= Apakah benar? Jawabnya SALAH!!!
setelah gue googling banyak masukan, saran dan sumber informasi lain dari master IT dan internet, resiko yang diakibatkan oleh penggunaan notebook tanpa baterai lebih besar dari pada ketika menggunakannya seperti biasa. "Simplenya, harga baterai jauh lebih murah dibandingkan dengan harga komponen (motherboard) di notebook/Laptop"

LAST, THIS IS USEFUL TIPS !!! TANAMKAN KONSEP = DON’T DROPS IT TO ZERO % dan DON’T FORCED TO VERY HEAVY WORK
--Charge baterai secara rutin dalam interval pendek tanpa harus menunggu baterai sampai (hampir) habis
--Jaga supaya temperatur tidak terlalu panas (overheating >50 C)
--Maka itu ada lembaran pendingin tempel smartphone/tablet. Bernama cooling pop
--Laptop Di sarankan di-CHARGE terus saat menyala. Sampai status “plugged in, fully charged, and not charging”
--Atur sirkulasi udara supaya tetap lancar (khususnya ventilasi udara laptop)
--Baterai Notebook Dipasang atau Dilepas?sekali lagi, dengan tegas gue bilang PASANG TERUS!!!
--Untuk penyimpanan dlm waktu lama, simpanlah ditempat yang sejuk dengan kapasitas 40%
-- Kalibrasi baterai dengan ‘pakai habis’ setiap 30x pengisian untuk menjaga akurasi elemen di dalam baterai. Caranya, Gunakanlah notebook hingga baterai habis terpakai sebelum di-charge.

P.S:
“Maka dari itu jangan langsung percaya kata orang awam IT, bacalah tes uji coba dan researchnya dari sumber terpercaya. itulah informasi paling benar dan objektif”



12 comments:

  1. Apa smartphone jg harus rutin di kalibrasi? (1Bln 1x)

    ReplyDelete
  2. Thanks gan, sangat membantu sekali!!!

    ReplyDelete
  3. thx bro dirham atas info nya :D dpt pencerahan anti salah kaprah juga akhir nya tentang batre leppy xD

    ReplyDelete
  4. oke keren dari sumbernya langsung..

    ReplyDelete
  5. Gak apa2 kah jika baterai selalu dicas??? Misalnya dalam 1 hari bisa 3-4 kali pengecasan

    ReplyDelete
  6. gue suka banget gaya lo broo hahahahahh!!!
    XD

    ane juga banyak baca-baca referensi mengenai mind set baterai laptop,
    termasuk ane ampe nyasar baca juga blog ente ini, wkwkwkwkk
    makin yakin ane gabakalan lepas-lepas baterai..
    thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. -+ 4 thn notbook ane digunakan tanpa batre dan alhamdulilla sampai saat ini masih dipake notbook ini

      Delete
  7. Makasih gan udah memberi infonya, jadi ane bisa blogging saladinez.blogspot.com lebih lama deh hehehe

    ReplyDelete